ANALISIS PELAYANAN KOPERASI CUBG TP.PAMULANG UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Authors

  • Ernima Gulo Universitas Pamulang
  • Irvana Arofah Universitas Pamulang
  • Ilmadi Ilmadi Universitas Pamulang
  • Aden Aden Universitas Pamulang
  • Gerry Sastro Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v2i2.61

Keywords:

Quality of Service, Servqual Methods,and Importance Performance Analysis (IPA), Kualitas Pelayanan, Metode Servqual, Importance Performance Analysis

Abstract

This  research  was  conducted to achieve improving the quality of service to members, for this reason, a service quality analysis method is needed. Here the methods needed are Service Quality (Servqual) and Importance Performance Analysis (IPA) methods. The purpose of this study is to identify the level of customer satisfaction with service quality by the CUBG Tp Cooperative. Pamulang, to find out what aspects are supporting the improvement of service quality and to provide recommendations for improvements or revisions that are prioritized to improve service quality at the CUBG Tp Cooperative. Pamulang. This research method is quantitative descriptive analysis using Servqual and Importance Performance Analysis (IPA) methods. The results of this study are the level of satisfaction of cooperative members using the Customer Satisfaction Index (CSI) method with a percentage of 86.05%. Based on the calculation of Servqual Analysis of 5 dimensions, namely Tangibility (physical evidence), Reliability (Reliability), Responsiveness (Awareness / responsiveness), Assurance (Guarantee) and Empathy (Empathy) represented by 25 attributes obtained if members of the CUBG Cooperative TP.Pamulang have been satisfied with the Servqual provided by the CUBG Cooperative Tp.Pamulang, this is shown in the average gap between expectations and reality of 0.05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfatiyah, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Parkir Dengan Metode Servqual, Ipa serta Qfd Untuk tingkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pt. Securindo Packatama Indonesia. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik serta Manajemen Industri), 2(2), 105-115.

Bekti, R.D., dkk. 2017. “Analisis Pengaruh Lokasi dan Karakteristik Konsumen Dalam Memilih Minimarket Dengan Metode Logistik dan CART”. Media Statistika VoI. 10 No. 2. 119-130.

Badiatul Musyarofah, Ilmadi, Tabah Heri Setiawan, & Isnurani. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN DENGAN METODE IMMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(1), 85–95. doi:10.46306/lb.v2i1.47

Farminta, V., Mujiharjo, S., & Susena, K. C. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Industri Jasa Olah Raga Dengan Menggunakan Metode Servqual dan Importence Performance Analysis (IPA). Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Dahasen Bengkulu.

Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatis dan Kuantatif.

Lupioadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. (Jakarta: Salemba Empat.

Sinnun, A. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI. Jurnal Informatika, 4(1).

Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supangat, Andi. 2007. Statistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana.

Sutrisno, S., Cahyono, D., & Qomariah, N. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Serta Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2).

Wilujeng, F. R., Rembulan, G. D., Andreas, D., & Tannady, H. (2019). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dua Bisnis E-Commerce Terbesar di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Servqual dan IPA. Prosiding Semnastek.

Winarno, H., & Absor, T. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Pt. Media Purna Engineering. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 1(2), 146-160.

Yamin, Sofyan, Heri Kurniawan. 2014. SPSS COMPLETE: Teknik Analisis Statistika terlengkap denganSoftware SPPS Edisi 2. Jakarta Selatan: Salemba Infotek.

Yusup, Febrianawati. 2018. “Uji Validitas dan Reabilits Instrumen Penelitian Kuantitatif”. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No.1. Januari – Juni (17-23)

Published

2021-08-30

How to Cite

Gulo, E., Arofah, I. ., Ilmadi, I., Aden, A., & Sastro, G. . (2021). ANALISIS PELAYANAN KOPERASI CUBG TP.PAMULANG UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(2), 145-152. https://doi.org/10.46306/lb.v2i2.61