PENALARAN KREATIF MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF: SUATU ANALISIS PROSES BERPIKIR

Authors

  • Nyangnyang Supriatna Universitas Siliwangi
  • Ebih Ar Arhasy Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v2i1.50

Keywords:

Penalaran kreatif, Gaya kognitif, Proses berpikir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses berpikir dari Penlaran Kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari Gaya Kognitif. Jenis penelitian ini termasuk kualitatif dengan metode eksplorasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode think aloud saat peserta didik mengerjakan soal test Penalaran Kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent rendah mampu menenentukan ukuran panjang jari-jari kolam dari permasalahan nomor satu dengan menggunakan lebih dari satu cara serta memberikan argumen yang tepat (aspek Flexibility)(aspek Novelty), sedangkan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent rendah belum mampu melengkapi ukuran jari-jari kolam yang terdapat pada soal nomor satu. Peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Independent rendah mampu menjawab pertanyaan nomor dua, dengan membuktikan bahwa tidak semua ukuran sudut yang ditanyakan kurang dari  serta mampu memberikan argumen dengan logis (aspek Matematical Foundation)(aspek Flausibility). Sedangkan Peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent tinggi dan peserta didik dengan Gaya Kognitif Field Dependent rendah tidak dapat menentukan ukuran sudut dari permasalahan nomor dua, sehingga tidak dapat membuktikan kebenaran dari pertanyaan yang diberikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasi, A. (1996): Psychological testing. 7th edition. New York: Macmillan

Basir, M A (2015) Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika Unissula. 3 (1): 106-114

Bergqvist, T.; Lithner, J.; Sumpter, L., (2008). Upper Secondary Students’ Task Reasoning, International journal of mathematical education in science and technology, 39 (1), 1-12 URL: http://dx.doi.org/10.1080/00207390701464675

Hamidah, J. W. K. KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA.

Haylock, D., 1997, Recognising mathematical creativity in schoolchildren. Zentralblatt fuer Didaktik der Mathematik, 29(3):68–74.

Limardani, G., T. Dinawati, dan A. Fatahillah. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan teori pemahaman skemp pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.1(1): 1-7.

Lithner, J. (2008). A Research Framework for Creative and Imitative Reasoning. Educational Studies in Mathematics, 67(3), 255-276.

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.

Noda, A. (2000). Aspectos epistemológicos y cognitivos de la resoluciónde problemas de matemáticas, bien y mal definidos. Un estudio conalumnos del primer ciclo de la ESO y maestros en formación (Tesis doctoral inédita). Universidad de la Laguna, España.

Safrida, L. N., Susanto, S., & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. KadikmA, 6(1).

Saracho, O. N. (1998): Editor’s introduction cognitive style research and its relationship to various disciplines. International Journal of Educational Research 29, 169–172.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Solso, R. L. (1995). Cognitive Psychology. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sulistiawati. (2014). Analisis kesullitan belajar kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi luas permukaan dan volume limas. STKIP Surya. ISBN : 978 – 602 – 14432 – 2 – 4

Witkin, H.A. dkk, (1979). Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles and Their Education Implication, New York: American Education Research Journal.

Woolfolk, A. E. (1997). Educational Psychology. Boston: Allyn & Bacon

Published

2021-04-13

How to Cite

Nyangnyang Supriatna, Ebih Ar Arhasy, & Nani Ratnaningsih. (2021). PENALARAN KREATIF MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF: SUATU ANALISIS PROSES BERPIKIR. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(1), 10-21. https://doi.org/10.46306/lb.v2i1.50