ANALISIS KESALAHAN SISWA PASIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA

Authors

  • Singeran Petronela Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sumadji Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yuniar Ika Putri Pranyata Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.37

Keywords:

Analisis Kesalahan, Tahapan Newman, Soal Lingkaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa pasif dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan lingkaran. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi metode yaitu dengan dibandingkan hasil observasi, hasil tes siswa, dan hasil angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa pasif pada tahap membaca tidak ada siswa pasif yang melakukan kesalahan, tahap memahami masalah terdapat 8 siswa, tahap transformasi terdapat 8 siswa, tahap keterampilan proses terdapat 6 siswa dan tahap penulisan jawaban terdapat 9 siswa. Hasil tes dan angket pada siswa diperoleh data bahwa penyebab kesalahan siswa meyelesaikan soal lingkaran karena kurang mampu memahami yang diketahui dan ditanya, kurang mampu memahami intruksi soal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanti. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika UNILA. Vol 7. No 4. [Online].Tersedia:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/6590. [21 Desember 2015].

Devita Amelia. 2017. Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Unsur-unsur Lingkaran dengan Contextual Teaching and Learning.

Hardianty, M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepasifan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balusu. No 26-27.

Jha, S. K. 2012. Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India):An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applicationsin Engineering Sciences, 2(1): 17-21.

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Lingkaran Di Smp Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 373.

Marhayati. 2012. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta 10 November 2012.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raharjo, M dan Astuti Waluyati. 2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campur di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pengembangan dan Pemberdaya.

Rahayu, Siti. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kesebangunan. Jurnal e-DuMath, 2 (1): 1-9.

Rahayuningsih, Puspita. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffoldingnya Berdasarkan Tahapan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Sari, l. N. 2018. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, Vol, 1, No.3, Hal.6. Universitas Kanjuruhan Malang.

Rusmana, I. M., & Kurniawarsih, M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 39-48.

Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 130-139.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toha, M. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23626.

Trapsilo, T. E. 2016 Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa IX Smp N 1 Banyubiru. https://www.academia.edu/28618664/Jurnal Analisis Kesalahan.

Yuirsa, K. 2016. Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Pada Materi Statistika Bagi Siswa Kelas VII C Smp Kristen 02 Salatiga. http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/9767/2/TI_202009021_Full%20text.pdf, diakses 1 juli 2019

Published

2020-12-31

How to Cite

Singeran Petronela, Sumadji, & Yuniar Ika Putri Pranyata. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA PASIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA . Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 172-181. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.37