ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA INFERENSIAL

Authors

  • Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.35

Keywords:

Kesulitan belajar, Statistika Inferensial

Abstract

Menganalisis data hasil penelitian merupakan sesuatu hal yang baru dan sangat menantang bagi para peneliti pemula seperti mahasiswa, dalam mengkaji sebuah fenomena. Agar tugas mahasiswa dalam menyelesaikan program sarjananya dapat diselesaikan dengan baik maka dianalisis kesulitan belajar yang dihadapi para mahasiswa dalam pembelajaran statistika inferensial yaitu dengan menganalisis seperti apa bentuk kesulitan yang dihadapi serta mempelajari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan mahassiwa dalam pembelajaran statistika inferensial sehingga ke depannya dapat dilakukan semacam strategi pembelajaran agar kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran statistika inferensial ini dapat diatasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2016-2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif yaitu suatu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan / verifikasi yang terjadi secara bersamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. E. (2006). Psikologi pendidikan anak. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Fitri, R., & Aminah, I. S. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-IHSAN BULUH RAMPAI. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 49-55.

Hamidah, J. W. K. KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA.

Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharofa, 6(1), 129-140

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2012). Analisis Data Kualitatif. Jakarta.

Moleong, L. J.(2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 130-139.

Siregar, R. F. (2017). Analisis kesulitan mahasiswa dalam statistika ditinjau dari banyaknya penggunaan jasa pengolahan data statistik di universitas muhammadiyah tapanuli selatan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT. Refika Aditama.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rajawali.

Weener, P. D., & Senf, G. M. (1982). Learning disabilities. Encyclopedia of educational research, 3, 1059-1068.

Wardani, A., Lhomme, J., Bigg, D. C. H., & Salez, H. (1991). Novel benzo-[b] phenanthroline-1, 7 derivatives and their preparation and therapeutic applications. Patent WO 91 07,403, 1991. In Chem. Abstr (Vol. 115, p. 207973h).

Published

2020-12-31

How to Cite

Haerudin, & Iyan Rosita Dewi Nur. (2020). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA INFERENSIAL. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 208-215. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.35