PENGEMBANGAN MEDIA LAGU RUMUS MATEMATIKA BERBASIS AUDIO PLAYER UNTUK KELAS VI SD/SEDERAJAT

Authors

  • Ama Gusti Azis Gusti MAN 4 Jakarta
  • Indra Martha Rusmana Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.28

Keywords:

Model ADDIE, Media Lagu Rumus, Volume Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media lagu rumus matematika pada materi

volume bangun ruang untuk kelas VI SD/Sederajat. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode  Research and Development (Penelitian Pengembangan) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yaitu (Analysis,  Design,  Development,  Implementation,  and  Evaluation).  Metode  pengambilan  data  menggunakan angket validasi uji pakar. Hasil analisis data dalam proses validasi media diantaranya dari ahli media yaitu 4,06 berarti “baik”, ahli materi yaitu 4,53 berarti “sangat baik” dan ahli bahasa yaitu 3,97 berarti “baik”. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelayakan media lagu rumus matematika adalah layak karena rata-rata menunjukkan hasilnya adalah baik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Ikhlas Depok dan dilakukan sampai uji pakar yaitu guru kelas dan tidak dilakukan uji lapangan kecil terhadap siswa karena pandemi Covid-19 tahun 2020

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif, 2(2), hlm.102-110. Retrieved from : http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133. Retrieved from : http://umbidharma.org/jipp.

Dardiri, Y. H., & Arhasy, E. A. (2020). MEDIA TAHU KUNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 91-104.

Elawati, V. P., Ramlah, & Utami, M. R. (2018). Optimalisasi fungsi otak kanan melalui media lagu terhadap pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 160-166. Retrieved from : http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika). Jawa Barat: Sesiomadika.

Fita, M., Cahyadi, F., & Budiningtyas, A. K. (2017). Pengembangan media lagu matematika dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal UPI : Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 92–105. Retrieved from : https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.6145.

Hamidah, J. W. K. KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA.

Kurniati, K., Prahmana, R. C., Makur, A. P., & Jelatu, S. (2018). Math comics, vectors , and the strategy of preview , question , read, reflect, recite, review (PQ4R). Formatif : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(3), 159-174. Retrieved from : http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2716 Math.

Leonard. (2015). EduResearch. Jakarta: Unindra Press.

Mustari, M., & Rahman, M. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Nurdiyati, S. (2016). Penerapan model pembelajaran terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN 010 Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 442-450. Retrieved from: https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/3930/3819.

Nurhayata, I. G. (2015). Pengembangan prototipe sistem kntrol MP3 player berbasis radio frequency identification pada sistem pelayanan informasi objek museum. Jurnal Sains dan Teknologi, 4(1), 487-502. Retrieved from : http://dx.doi.org/10.23887/jst-undiksha.v4i1.4928.

Zeng, L. (2011). More than Audio on the Go : uses and gratifications of MP3 players. Communication Research Reports, 28(1), 97-108. Retrieved from : http://dx.doi.org/10.1080/08824096.2011.541367.

Published

2020-12-31

How to Cite

Gusti, A. G. A., & Indra Martha Rusmana. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA LAGU RUMUS MATEMATIKA BERBASIS AUDIO PLAYER UNTUK KELAS VI SD/SEDERAJAT. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 140-152. https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.28