KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Authors

  • Hamidah Universitas Bina Bangsa
  • Jaka Wijaya Kusuma Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.13

Keywords:

Penalaran Kreatif, Motivasi Berprestasi, ARIAS, TTW

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari laporan penelitian kolaborasi model pembelajaran assurance-relevance-interest-assessment-satisfaction dengan Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran kreatif matematik serta motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes yang bertujuan untuk menelaah peranan kolaborasi model pembelajaran assurance-relevance-interest-assessment-satisfaction (ARIAS) dengan Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan penalaran kreatif matematik dan motivasi berprestasi siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Carenang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP yang ditetapkan secara purposif pada SMP di Carenang dan dipilih dua kelas VII secara acak dari kelas VII yang ada. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan penalaran kreatif matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kolaborasi model pembelajaran ARIAS dengan TTW lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa; 2) motivasi berprestasi siswa yang memperoleh pembelajaran kolaborasi model ARIAS dengan TTW lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran biasa; dan 3) terdapat asosiasi antara motivasi berprestasi dengan kemampuan penalaran kreatif matematik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, B. I. 2003. Menumbuh kembangkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) melalui Strategi Think Talk Write. Unpublished Disertasi. Bandung: UPI.

Arsil, dkk. 2011. Pengaruh model penjadwalan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar perawatan sepeda motor siswa SMK: Jurnal Teknologi Dan Kejuruan. Volume 34 nomor 1, hlm 35-48.

Atmaja, P. P. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogyakarta: Arruz Media.

Brodie, K. 2010. Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classroom. New York: Springer.

Hamidah, 2010. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional. Unpublished Tesis. Bandung: UPI.

Hidayat, W. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write. Unpublished Tesis. Bandung: UPI.

Huda, C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang. (Online) (http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud-9908), diakses 20 Januari 2019.

Karim, A. 2010. Meningkatkan kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Model Reciprocal Teaching. Unpublished Tesis. Bandung: UPI.

Larsen, R.J. & Buss, D.M. 2005. Personality Psychology: Domains Of Knowledge About Human Nature. Boston: McGraw-Hill.

Lithner, J. 2006. A Framework for Analysing Creative and Imitative Mathematical Reasoning. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2004 tentang Rapor.

Lithner, J. 2008. A Research Framework for Creative and Imitative Reasoning: Educational Studies in Mathematics. Vol 67 No 3 255-276.

Lithner, J. 2012. Learning Mathematics by Creative or Imitative Reasoning: 12th International Congress on Mathematical Education. 8 July - 15 July, 2012, COEX, Seoul, Korea.

Mullis, Ina V.S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012: TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Chestnut Hill, MA, USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Santrock, J.W. 2009. Psikologi Pendidikan: Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.

Shadiq, F., 2007. Laporan Hasil Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Matematika 15 – 16 Maret 2007 di P4TK (PPPG) Matematika. Yogyakarta.

Suryadi, D. 2004. Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam Rangkaian Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Unpublished Disertasi. Bandung: UPI.

Utari, Nik. 2015. Pengaruh antara dukungan sosial orangtua dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan kelas XI di SMAN 1 Kademangan. Unpublished Skripsi. Malang: Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri.

Published

2020-04-29

How to Cite

Hamidah, & Jaka Wijaya Kusuma. (2020). KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 7-16. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.13