PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-IHSAN BULUH RAMPAI

Authors

  • Ramadhani Fitri STKIP Insan Madani Airmolek
  • Imas Siti Aminah STKIP Insan Madani Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.12

Keywords:

Pemahaman Konsep, Quantum Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemaham konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini meruapakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Subject Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian yaituseluruh siswa kelas VII  MTs Al-Ihsan Buluh Rampai. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa uraian. Data dianalisis secara statistik dengan uji independent samples T-test. Berdasarkan hasil uji t tersebut, thitung berada di daerah penolakan H0 dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yangh diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,.

Darmadi, Hamid, 2013. Metode Penelitian dan sosial, Alfabeta, Bandung,.

, 2013.Prosedur Penelitian, Pt Rineka Cipta, Jakarta,.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta,.

Istarani, 2014.58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan,

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta,

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan data terpraktis. Yogyakarta : penerbit ANDI.

Wardhani, Sri, 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika, PPPPTK Matematika,Yogyakarta

Published

2020-04-29

How to Cite

Fitri, R., & Imas Siti Aminah. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-IHSAN BULUH RAMPAI. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 49-55. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.12