PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-IHSAN BULUH RAMPAI
DOI:
https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.12Keywords:
Pemahaman Konsep, Quantum TeachingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemaham konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini meruapakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Subject Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian yaituseluruh siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Buluh Rampai. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa uraian. Data dianalisis secara statistik dengan uji independent samples T-test. Berdasarkan hasil uji t tersebut, thitung berada di daerah penolakan H0 dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yangh diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,.
Darmadi, Hamid, 2013. Metode Penelitian dan sosial, Alfabeta, Bandung,.
, 2013.Prosedur Penelitian, Pt Rineka Cipta, Jakarta,.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta,.
Istarani, 2014.58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan,
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta,
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan data terpraktis. Yogyakarta : penerbit ANDI.
Wardhani, Sri, 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika, PPPPTK Matematika,Yogyakarta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Ramadhani Fitri, Imas Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.