UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE

Authors

  • Helma Mustika STKIP Insan Madani Airmolek
  • Mariati STKIP Insan Madani Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.9

Keywords:

Penerapan Model Pembelajaran Scramble

Abstract

  Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di SMP Negeri 5 Batang Gansal ditemui hasil belajar siswa masih tergolong rendah, dan masih banyak siswa yang tidak mau bertanya dan malas menyelesaikan soal dengan alasan tidak paham, siswa beranggapan matematika sulit dan memusingkan, anggapan itu muncul karena siswa kesulitan mengerjakan soal matematika dan siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Scramble di kelas VII SMP Negeri 5 Batang Gansal. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis pemahaman konsep matematika dengan kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dan analisis lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 6 siswa atau (35,29%), pada siklus I sebanyak 13 siswa atau (76,47%), dan siklus II sebanyak 16 siswa atau (94,12%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batang Gansal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asril, Zainal. 2016. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman

Lapangan. Jakarta : Rajawali Pers

Huda, Miftahul. 2013. Model pengajaran dan pembelajaran (isu-isu metodis dan Paragmatis). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

John, M. Echols and Hassan Shadily, 2018. An English Indonesian Dictionary. Jakarta : PT pustaka Utama

Muhamad Jauhar Dan Nur Hamiyah. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di kelas. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Rahman Abdul. 2016. Buku Guru Matematika. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Sumarno. 2010. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Cendikia Insani. Riau

Suraji, Maimunah, Sehatta Saragih. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education Vol. 4, No. 1, 2018, Hal. 9 -16.

Published

2020-04-29

How to Cite

Helma Mustika, & Mariati. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 17-28. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.9