PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Authors

  • Ilmadi Universitas Pamulang
  • Andi Nur Rahman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.8

Keywords:

Pembelajaran Reflektif, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Awal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran reflektif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika, serta Menganalisis ada tidaknya interaksi antara pembelajaran reflektif pada kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperiment), dalam hal ini membandingkan antara mahasiswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data dapat ditarik beberapa kesimpulan (1)Berdasarkan hasil uji kesamaan rata – rata dimana nilai uji t sebesar 9.261 dengan nilai sig. = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata – rata kemampuan penalaran matematis mahasiswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, oleh karena itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Pamulang. (2) Berdasarkan hasil uji Anava uji F = 11.311 dengan signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka menolak H0 yaitu terdapat interaksi antara model pembelajaran reflektif yang diterapkan pada mahasiswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa FMIPA Universitas Pamulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroody, A.J. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8 (Helping Children Think Mathematically). New York: Macmillan Publishing Company.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta : Prenadamedia Group, Edisi Ke-1.

Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 506/PP/2004 Tentang Perkembangan Anak Didik. Jakarta : Depdiknas.

Erman Suherman, d. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model – Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media,.

Hussin A dan Saleh. 2009. Amalan Reflektif dalam Pengajaran Matematik. Jurnal Pendidikan Islam, Jilid ke-13.

ICAJE. 2013. The International Centre For Jesuit Education in Rome. A Practical Approach (online) (p.27). Chicago: http://www.rockhurst.edu/media/filter_private/uploads/ignatian_pedagogy_a_practical_approach.pdf.

M.A.A. 2004. Undergraduate Program and Courses in the Mathematical Sciences. Washington DC: The Mathematics Association of America Published.

Mathematics, N. C. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Maulana, Achmad. 2004. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Absolut.

NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston Virginia: National Council of Teacher of Mathematics (NCTM).

Poblete, D. 1999. A Reflective Teaching Model : An Adventist Assessment. Prepare fot the 24th International Faith and Learning Held at Andrews University. Michigan, USA: Berrien Springs.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

S D, D. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sirajuddin. 2009. Model Pembelajaran Reflektif : Suatu Model Belajar Berbasis Pengalaman. Dalam dudaktika Jurnal Pendidikan : Vol. 4 No. 2 Hal. 189 – 200.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Wahyudi. 2008. Pembelajaran dan Model – Model Pembelajaran, Bandung: UPI.

Yusuf, M. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press

Published

2020-04-29

How to Cite

Ilmadi, & Andi Nur Rahman. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.8