PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM
DOI:
https://doi.org/10.46306/lb.v2i1.59Keywords:
Keaktifan peserta didik, media Google Classroom, pembelajaran online, student activity, Google Classroom media, online learningAbstract
Berdasarkan hasil angket dan pengamatan peserta didik kelas VIII D terdapat peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran online dengan media Google Classroom. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan mulai dari observasi Pra siklus ke siklus I dan Siklus II yang bertujuan untuk mengetahui meningkatnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan media Google Classroom. Sesudah dilaksanakan penelitian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada Pra siklus sebesar 41,87%, pada fase Siklus I sebesar 49,37% dan pada fase siklus II sebesar 65,62%. Pada fase siklus II indicator kerja penelitian sudah terlampaui, maka penelitian ini dihentikan hanya sampai pada fase Siklus II. Sehingga bisa diambil kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan media Google Classrom dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan bisa mendorong para pendidik untuk ikut melakukan penelitian ini dan memotivasi pendidik lain untuk melakukan penelitian tindakan dengan tema dan media pembelajaran daring yang lainnya sebagai upaya meningkatkan profesionalisme sebagai seorang pendidik.
Downloads
References
Fanny Ahmad Fauzi, & Puji Lestari. (2020). Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom pada Materi Trigonometri. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 175–188. doi:10.36456/buanamatematika.v10i2.2568
Friantini, R. N., & Winata, R. (2020). Disposisi Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom Masa Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 53–64. doi:10.31316/j.derivat.v7i2.1068
Hakim, A,B.(2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo.STIMIK ESQ: 2(1-4)
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). doi:10.20527/edumat.v7i1.6827
Jalil, Jasman.2014. Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Mustika, H., & Nadela, J. (2021). Analisis kualitas pembelajaran matematika pada penggunaan platform google classroom materi kombinatorika. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 1–8. doi:10.34007/jdm.v2i1.579
Pianda, D. (2020). PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI KELAS DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 93. doi:10.22373/jppm.v4i2.7672
Proborini, E., & Herawati, R. (2021). Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Matematika. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 17. doi:10.30738/wa.v5i1.8927
Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106-118. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760
Sudijono,Anas.2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sulistyowaty, R. K., & Firdaus, F. (2020). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 14–24. doi:10.36706/jls.v2i2.12734
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
SE Mendikbud No.4 Tahun 2020
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Erning Yustiana Dewi , Alfian Mubarok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.