ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN NEWMAN

Authors

  • Alfian Mubarok SMPN 2 Kopo
  • Erning Yustiana Dewi SMPN 2 Jawilan

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v2i1.58

Keywords:

analisis kesalahan, bangun ruang sisi datar, teori newman, error analysis, flat side space build, newman theory

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan jenis dan faktor kesalahan anak didik dilihat menurut teori Newman menggunakan soal kritis matematis dalam topik bangun ruang sisi datar. Pendekatan yang digunakan penelitian ini kualitatif menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yang dipilih bertempat di SMP Negeri 2 Kopo yg ada di Kabupaten Serang pada kelas VIII, menggunakan jumlah 20 orang ditetapkan menggunakan output analisis tes soal esai akal budi kritis dan dipilih 5 orang untuk di wawancarai. Pengumpulan data menggunakan tes soal esai kemampuan berpikir kritis, wawancara, dan dokumetasi. Data output tes & tanya jawab akan dianalisis dari teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) dalam termin kesalahan membaca soal sebanyak 46%, (2) kesalahan memahami soal sebesar 62%, (3) kesalahan transformasi soal sebesar 57%, (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 67%, & (5) kesalahan menulis jawaban akhir sebanyak 77%. Faktor penyebab adalah peserta didik tidak teliti dalam membaca soal, tidak tahu materi, tidak menguasai materi & lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, V., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik Sekolah Menengah pertama Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 602-609.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Peserta didik Sekolah Menengah pertama Berdasarkan Newman pada Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78. https://doi.Org/10.24014/juring.V1i1. 4912

Early, O. A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Ditinjau menurut Kemandirian Peserta didik Kelas VIII melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbatuan FUN PICT. (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from https://lib.Unnes.Ac.Id/32105/1/41014 13036.Pdf

Fatahillah, A.,Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman bersama Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51. https://doi.Org/10.19184/kdma.V8i1.5229

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dalam pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899-910.

Fisher, A. (2011). Critical Thingking : An Introduction. London: Cambridge University Press.

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Peserta didik pada Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39-50. Https://doi.Org/10.24256/jpmipa.V8i1.805

Himmi, N. (2016). Perbedaan Self Efficacy Matematis Peserta didik Antara Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra & Autograph pada MAN 1 Medan. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(dua), 165-171.

Humaerah, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Dengan Prosedur Newman Kelas VIII MTs Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponto. (Universitas Islam Negeri Makassar). Retrieved from http://repositori.Uin-alauddin.Ac.Id/7766/

Kholifah. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dalam Peserta didik Sekolah Menengah pertama Kelas IX. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). Retrieved from http://repository.Uinjkt.Ac.Id/dspace/ bitstream/123456789/36449/1/kholif ah-FITK

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Peserta didik pada Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 4(1), 49–56.

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematia Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, dua(4), 793–801.

Pradini, W. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel. PYTHAGORAS:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33-45. https://doi.Org/10.21831/pg.V14i1.21481

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006).Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–122.

Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(dua). Https://doi.Org/10.15294/ujme.V1i2.1 757

Sholihah, M. (2018). Analisis kesalahan peserta didik dalam merampungkan soal cerita matematika kelas VII MTs laboratorium UIN-SU T.P 2017/2018. (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Retrieved from http://repository.Uinsu.Ac.Id/4014/

Singeran Petronela, Sumadji, & Yuniar Ika Putri Pranyata. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA PASIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 172–181. doi:10.46306/lb.v1i3.37

Suci, A. D. K. (2016). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman. Ekuivalen, dua(1),19–24.

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148

Published

2021-04-30

How to Cite

Alfian Mubarok, & Erning Yustiana Dewi. (2021). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN NEWMAN. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(1), 121-135. https://doi.org/10.46306/lb.v2i1.58