ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN DENGAN METODE IMMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

(Studi Kasus Di Rumah Makan Pecak Bandeng Bunda Fiqrah)

Authors

  • Badiatul Musyarofah Universitas Pamulang
  • Ilmadi Universitas Pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang
  • Isnurani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v2i1.47

Keywords:

Importance Performance Analysis, IPA, KEPUASAN KONSUMEN

Abstract

Satu diantara kebutuhan manusia yang wajib di penuhi yaitu kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan. Berdasarkan data BPS tahun 2018, pengeluaran  manusia di dominasi oleh pengelularan terhadap kebutuhan primer. Di Indonesia sendiri, persentase pengeluaran masyarakat pada sisi konsumtif yaitu sebesar 53%, (BPS, 2018). Hal ini menunjukan bahwa bisnis dalam bidang makanan di Indonesia cukup menjanjikan. Saat ini gaya hidup masyarakat sudah banyak mengalami perubahan, seperti pola hidup yang lebih sering menghabiskan waktu untuk makan di luar rumah. Banyaknya rumah makan  sebenarnya memiliki dampak positif bagi konsumen, karena dengan banyaknya rumah makan, maka konsumen akan memiliki banyak pilihan. Namun bagi pelaku usaha, menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis kuliner, sehingga harus memiliki strategi khusus untuk menarik minat para konsumennya. Karena hal tersebut, penulis ingin melakukan penelitian guna mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap rumah makan yang telah penulis pilih, yaitu Rumah Makan Pecak Bandeng Bunda Fiqrah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan media kuesioner untuk mendapatkan data opini para konsumen terkait Rumah Makan Pecak Bandeng Bunda Fiqrah. Kuesioner tersebut berisi 5 indikator variabel penilaian kepuasan konsumen terhadap rumah makan. Selanjutnya kuesioner tersebut di hitung menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis), sehingga dapat diketahui persentase kepuasan konsumen terhadap Rumah Makan Pecak Bandeng Bunda Fiqrah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardina Hariasari (2015). “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Restoran Nikkou Ramen Yogyakarta“. Skripsi. Prodi Pendidika Teknik Boga. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. (2018). statistik pengeluaran penduduk Indonesia: makanan dan non makanan. www.bps.go.id .Diakses 25 Agustus 2020

Fandy Tiptono & Anastasya Diana, (2014), Pelanggan Puas Tak Cukup. Yogyakarta : Andi.

Fikri, A. J., Aini, S., Sukandar, R. S., Safiyanah, I., & Listiasari, D. (2021). OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI MAKANAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN LINIER MELALUI METODE SIMPLEKS. Jurnal Bayesian: Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika, 1(1), 1-16.

Ilmadi, I. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Perusahaan Jasa Pengiriman Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1), 78–87. https://doi.org/10.32493/sm.v1i1.2374

Maharani. (2011). Bisnis Kuliner. Yogyakarta : Andi Offset.

Mahuda, I. EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK LEBAK DILIHAT DARI SISI NILAI FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIS.

Marsum W.A. (2013). Permasalahan-permasalahan Restoran. Surabaya : Alfabeta.

Muri Yusuf, M.Pd. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Yogyakarta : Prenada Media.

Puji Sanyoto (2011). “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Centro Futsal“. Skripsi. Prodi Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, P. I., & Sihombing, P. R. (2021). PENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN FASILITAS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE TWO STEP CLUSTER. Jurnal Bayesian: Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika, 1(1), 77-83.

Rianto Adi. (2010), Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta : Granit.

Riyanto (2014), “Tingkat Kepuasana Konsumen Terhadap Pelayanan Grand Puri Water Park Bantul”. Skripsi.Prodi Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012), Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Published

2021-04-13