ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Authors

  • Lusi Nuraeni Universitas Indraprasta PGRI
  • Huri Suhendri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Aulia Masruroh Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.34

Keywords:

Pemecahan Masalah, Penelitian Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, subjek penelitian menggunakan teknik purposive sample, melibatkan 3 subjek mewakili 3 kelompok kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Berdasarkan klasifikasi kemampuan ditemukan dari sebanyak 36 siswa diperoleh sebanyak 7 (19,44%) kategori “tinggi”, 11 siswa (30,56%) termasuk kategori “sedang”, dan 18 siswa (50,00%) kategori “rendah”.  Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran masih tergolong rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliah, Nur. 2015. Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Kreatifitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal JKPM Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Vol.1, No.01 hal.33.

Arigiyati, T. A., & Istiqomah, I. (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Learning Cycle dan Konvensional Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan. Vol (8). Hal: 69–73.

Karim, A., & Savitri, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63-75.

Mustika, H. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(1), 17-28.

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepsi siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION.: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Published

2020-12-31