ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Authors

  • Rizky Ananda Setiyawan Universitas PGRI Yogyakarta
  • Palupi Sri Wijayanti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.26

Keywords:

instrument tes, quality analysis, problem solving, pandemic, covid-19

Abstract

Instrumen yang digunakan dalam mengevaluasi pembelajaran matematika di sekolah selama masa pandemi harus teruji kualitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan memberikan kontribusi terhadap pendidikan mengenai instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berkualitas baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMP N 3 Jetis melalui tiga tahapan kegiatan yaitu  persiapan, pelaksanaan dan akhir. Data kuantitatif yang diperoleh adalah skor kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menentukan tingkat kualitas instrumen secara data empiris sedangkan kualitatif untuk menentukan kategori tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kualitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika 100% valid, reliabilitas sebesar 0,858 dengan kategori baik, daya pembeda termasuk dalam kategori cukup, sedangkan tingkat kesukaran instrumen tes terdiri dari 3 butir soal kategori sedang dan 1 butir soal kategori mudah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Dela, R., Widia, U., & Eka, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. Jurnal Maju, 5(1), 91–107.

Elianur, C. (2020). PILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU PAI DI BENGKULU TENGAH. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45.

Hanifah, N. (2014). PERBANDINGAN TINGKAT KESUKARAN , DAYA PEMBEDA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Sosio E-KONS, 6(1), 41–55.

Iskandar, A., & Muhammad, R. (2017). ANALISIS KUALITAS SOAL DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS APLIKASI TAP. Jurnal Penelitiam Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 12–23.

Isman, M. (2013). PEMBELAJARAN MODA DALAM JARINGAN ( MODA DARING ). Jurnal Muhammadiyah Surakarta, 586–588.

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Rusmayani. (2019). ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BINTANG PERSADA TABANAN-BALI. Widya Balina, 5(9), 1–8.

Solichin, M. (2017). ANALISIS DAYA BEDA SOAL, TARAF KESUKARAN, VALIDITAS BUTIR TES, INTERPRETASI HASIL TES DAN VALIDITAS RAMALAN DALAM EVALUASI PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2), 192–213.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyanti, A. (2020). PREDIKSI JUMLAH CALON PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DARI BROWN ( Study Kasus : SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Al-Jabar, 6(2), 203–216.

Uno, H., & Koni, S. (2016). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wijayanti, P. S. (2013). Pengaruh Pendekatan MEAs terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah , Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pythagoras, 8(2), 181–192.

Published

2020-08-26