EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI AFL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI BILANGAN

Authors

  • Adi Nurcahyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nugroho Arif Sudibyo Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.24

Keywords:

TAI, AfL, Assessment, Direct Learning, Pembelajaran Langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI AfL terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII dengan materi bilangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental semu dengan teknik pengambilan data cluster random sampling. Populasi dalam penelitian yaitu siwa kelas VII di SMPN 2 Colomadu tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel pada penelitian yaitu siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas dan berjumlah 90 orang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji prasyarat analisis menggunakan metode Liliefors sebagai uji normalitas dan uji Bartlet sebagai uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi satu jalur dengan sel sama kemudian dilanjutkan uji lanjut pasca anava dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil model pembelajaran TAI AfL lebih efektif daripada model pembelajaran TAI dan model langsung, selain itu juga model pembelajaran TAI lebih efektif daripada model pembelajaran secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Andriyani, F. (2016). Hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.996

Afifah, U. N., Suwandono, S., & Oktaviani, D. N. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2732

Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka pelajar.

Asriningsih, K., Renda, N, T., & Wibawa, I, M, C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Banjar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Attle, S., & Baker, B. (2007). Cooperative learning in a competitive environment: Classroom applications. International Journal of Teaching & Learning in Higher Education, 19(1).

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Universitas Sebelas Maret.

Cahyani, E., Sarengat, S., & Siswantoro, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi, 7(3).

Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 42-48. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1318

Fadila, A. (2016). Perbandinagn Hasil Belajar Matematika antara Penggunaan Media Berbasis Komputer dan Cetak. JURNAL E-DuMath, 2(1).

Goldman, J. D., & Torrisi-Steele, G. (2002). Constructivist pedagogies of interactivity on a CD-Rom to enhance academic learning at a tertiary institution. International Journal of Educational Technology, 3(1), n1.

Gunawan, G. (2017). Pembelajaran berbasis TIK dengan Assessment for Learning (AfL) ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP negeri se-kota Banjarmasin. Math Didactic:Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 199–209.

Halih, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran TAI (team assisted individualization) terhadap hasil belajar siswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 45–52. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i2:.368

Hariyati, E., Mardiyana, & Usodo, B. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa Smp Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 721-731.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Irving, K. E. (2006). The Impact of Educational Technology on Student Achievement: Assessment. Science Educator, 15(1), 13–20.

Isabwe, G. M. N., Reichert, F., Carlsen, M., & Lian, T. A. (2014). Using Assessment for Learning Mathematics with Mobile Tablet Based Solutions. IJET, 9(2). https://doi.org/10.3991/ijet.v9i2.3219

Jaya, P., Waridah, W., & Ason, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.46368/jpd.v4i1.102

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Noor, N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(1), 65–75.

Pajriana, I., & Pujilestari, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil belajar Matematika Siswa. Media Pendidikan Matematika, 4(2), 64–69. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.372

Puspendik. (2017). Laporan Hasil Ujian Nasional : Daftar nilai wilayah dan satuan pendidikan. Kemdikbud.

Rakhmawati, R. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.12

Slavin. (2010). Cooperative Leaarning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.

Sugiyono. (2011). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supriyanti, A. (2020). PREDIKSI JUMLAH CALON PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DARI BROWN ( Study Kasus : SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Sutriningsih, N. (2015). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Assessment for Learning pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir. JURNAL E-DuMath, 1(1). https://doi.org/10.26638/je.81.2064

Tarim, K., & Akdeniz, F. (2008). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods. Educ Stud Math, 67(1), 77–91. https://doi.org/10.1007/s10649-007-9088-y

Tinungki, G., M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice, 6(32), 27 – 31.

Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 338–349. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1131

Published

2020-08-26