MEDIA TAHU KUNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Yudi Hamdan Dardiri SMPN 2 Talaga Majalengka
  • Ebih Ar Arhasy Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.20

Keywords:

Media pembelajaran, Aktivitas, Media Tahu Kuning

Abstract

Aktivitas dan prestasi siswa pada materi peluang masih lemah, ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal ulangan harian materi peluang yang mencapai siswa yang telah tuntas sebesar 69,23%. Tujuan penelitian paper ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan Media Tahu Kuning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK dengan menggunakan 2 siklus, yang masing masing siklus selama 4 x 40 menit). Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa meningkat menjadi 81,81% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,36 % pada siklus II. Berdasarkan dari lembar observasi, keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama 32% pada siklus I sampai pertemuan kedua siklus II sebesar 83%. Simpulan dari paper ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media tahu kuning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan memodifikasi dan mereplika media tahu sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan replika media tahu dalam penelitian Reseach And Depelovment (R&D) sehingga replika media tahu layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad F. 2002 .Applying Realistic Mathematics Education in Teaching Geometry in Indonesian Primary School (Unpublished doctoral dissertation). University of Twente, Enschede.

Arsaythamby, V., & Zubainur, C. M. 2014. How a Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities in Primary Schools? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 309–313. doi:10.1016/j.sbspro.2014.12.378

Arsyad, A. 2009. Media Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Ashyar, A. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Astuti, W. dan Indianto. 2014. Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tunagrahita pada Pokok Bahasan Perkalian. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi (JRR): Vol. 23, No. 1. hlm 22-28.

Ayukmartina, dkk. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII D SMP N 1 Srumbung Kabupaten UNION: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 2, No. 1, hlm 97-102.

Budimansyah, dkk. 2010. PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.

Deviana, D. R. dan Prihatnani, E. 2018. Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP: Jurnal Review Pembelajaran Matematika: Vol. 3, No. 2, hlm 114-131.

Karina, dkk. 2019. Pengembangan Media Pemebelajaran Ular Tangga Kima (Ultrakim) Berbasis Kemaritiman pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Zarah: Vol. 7, No. 1, hlm 13-16.

Masykur, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 8, No. 2, hlm 177-186.

Ramadani, P. dan Novrita, S. R. 2019. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Mind Map pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk ABSIS: Mathematics Education Journal: Vol. 01, No. 01, hlm 32-35.

Riana, dkk. 2019. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball PRISMA 2: Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli dan Permainan Ular Tangga pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia: Vol. 3, No. 4, hlm 74-81

Rusminati, S. H., & Sulistyawati, I. 2018. Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 88-97.

Saputri, L. K. dan Sungkono, J. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menjahit Rok Melalui Media Mock Up di Kelas Tata Busana Siswa SLB Negeri 2 Padang. Gorga Jurnal Seni Rupa: Vol. 08, No. 01, hlm 203-209.

Supriyanti, A. (2020). PREDIKSI JUMLAH CALON PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DARI BROWN ( Study Kasus : SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Susilawati, W. 2009. Belajar dan Pembelajaran Matematika Edisi II, Bandung: FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Utami, R. P. 2009. Active Learning untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif, Al-Bidayah Jurnal Pendidikan: Vol. 1 No. 2, hlm 151-166.

Zubainur C., M., Darmiati, Ibrahim, Su’id (2009, Oktober). Kurikulum integratif dengan pendekatan realistik pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Majalah PMRI, 7(4), 54-58

Published

2020-08-26