PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Indra Martha Rusmana Universitas Indraprasta PGRI
  • Dwi Santi Wulandari Universitas Indra Prasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18

Keywords:

Gaya Belajar, Kecerdasan Logika Matematika, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh gaya belajar dan kecerdasan logika matematika terhadap prestasi belajar matematika di Kecamatan Jatinegara.  Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik. Metode survei dengan teknik simple random sampling. Uji validitas kedua datanya menandakan rhitung > rtabel (0,396) maka soal dikatakan valid. Reliabilitas untuk Gaya Belajar adalah 0,92 dan Kecerdasan Logika Matematika adalah 0,86. Selanjutnya uji chi-kuadrat, ketiga data menandakan X2hitung < X2tabel, yaitu Gaya Belajar (2,13 < 12,592), Kecerdasan Logika (10,25 < 12,592), dan Prestasi Belajar (10,41 < 12,592), maka ketiga datanya berdistribusi normal. Uji variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat, ( 2,39 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. ( 7,18 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Logika Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika. Uji korelasi ganda dengan ∝ = 0,05 maka db1 = 2 dan db2 = 57 diperoleh Ftabel =3,17 dan Fhitung = 607,33; maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Belajar dan Kecerdasan Logika Matematika secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beni Junedi. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Generatif di Kelas VIII SMP. Unpublished Thesis. Padang: Universitas Negeri Padang.

Beni Junedi. 2017. The Influence Of Application Generative Learning Model Toward Mathematic Problem Solving Of Students At VIII Grade : A Personal View. Paper presented at the Proceeding 2nd International Seminar On Education Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Beni Junedi dan Juliana. 2019. Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Dengan Teknik Pembelajaran Kolaboratif Send-A-Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP. MES: Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Vol 4, No. 2, (https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1289), diakses 20 September 2019.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Dan Cooperative Script Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 64–69.

Supriyanti, A. (2020). PREDIKSI JUMLAH CALON PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DARI BROWN ( Study Kasus : SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan. Yogyakarta : UNY Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya

Zulhelmi, dkk. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia: Vol. 05, No. 01, hlm 73-80.

Published

2020-08-26