PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abdul Karim Universitas Indraprasta PGRI
  • Dini Savitri Universitas Indraprasta PGRI
  • Hasbullah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran  yang  dapat  dijadikan  sebagai  salah  satu  alternatif  media pembelajaran yang efektif bagi peserta didik yang dapat digunakan untuk belajar mandiri, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sudimara Timur 5. Hasil review oleh ahli media terhadap seluruh aspek yang dinilai rata-rata uang diperoleh yaitu sebesar 3,71 yang berarti termasuk dalam kategori baik, oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,75 dengan kategori baik, serta oleh pengguna yaitu sebesar 4,625 juga termasuk kedalam kategori sangat baik. Sehingga diperoleh rata-rata keseluruhan hasil review ahli dan pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu sebesar 4,02 yang termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil review oleh ahli tersebut maka media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk diimplementasikan dalam proses belajar peserta didik secara mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dini Savitri, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

References

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2018.01.013

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research : An Introduction. Longman Inc.

Dewabroto, G. S. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. SIARAN PERS NO. 17/PIH/KOMINFO/2/2014.

Fatimah, S. (2009). Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan (I. Y (ed.); Dadan Rama). PT Mizan Pustaka.

Mubarok, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian Tgb Smk Negeri 3 Yogyakarta. 140.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka CiptaMulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 33339. Https://Doi.Org/10.1016/j.Jcjo.2015.03.008. https://doi.org/10.1016/j.jcjo.2015.03.008

Rita C. Richey, & Klein, J. D. (2007). Design and Development Research (A. Messino (ed.); Lane Akers). Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Rohmi, O. :, Purbasari, J., Jurusan, M., & Fmipa, M. (n.d.). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA KELAS X.

Safaat, H. N. (2014). PemSafaat, H. N. (2014). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2rograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. In Informatika. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Sundayana, R. (2014). Media Pembelajaran Matematika. In Bandung: Alfabeta. Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.061

Supriyanti, A. (2020). PREDIKSI JUMLAH CALON PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DARI BROWN ( Study Kasus : SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ). Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Published

2020-08-26